Pemasar internasional harus mengetahui pengaruh budaya dan harus menyiapkan diri untuk menjawab tantangan itu atau mengubahnya. Pemasar internasional memainkan peran penting bahkan dapat dikatakan menentukan dalam mempengaruhi kecepatan tingkat perubahan diseluruh dunia. Hal terlihat jelas dalam menyangkut semua industri, terutama produk konsumen. Pabrik sbaun dan deterjen telah mengubah kebiasaan mencuci, industri elektronik telah mengubah pola hiburan, dan pemasar pakaian telah mengubah gaya - gaya, dan sebahainya. Dalam progduk industri budaya telah mempengaruhi karakteristik dan permintaan produk tetapi yang lebih penting lagi sebagai pengaruh pada proses pemasaran, terutama dalam cara menjalankan bisnis. Pemasar internasional telah belajar untuk mengandalkan orang yang mengetahui dan memahami adat serta sikap setempat untuk keahlian pemasaran.
Hubungan bisnis antara pihak - pihak yang mempunyai budaya atau kebangsaan berbeda dapat dipengaruhi oleh tantangan tambahan. Bila salah satu pihak dari budaya konteks tinggi mengambil bagian dalam kesepakatan bisnis, faktor-faktor yang dibahas mungkin akan lebih rumit karena keyakinan berbeda mengenai signifikasi dari kesepakatan bisnis formal dan kewajiban yang mengikan semua pihak misalnya adalah, manajer penjualan benar-benar yakin bahwa hanya kontrak yang di tulis dengan baik yang diperlukan agar perusahaan dapat menerima semua kewajiban yang mengikat. Tetapi manajer penjuaan tadi juga tidak dapat memahami belahan dunia, sesuatu hanya dapat terjadi bila ada hubungan pribadi karena kadang-kadang hubungan pribadi juga perlu untuk melaksanakan sesuatu dalam lingkungan konteks rendah.
sumber : http://mp2globalmarketing.wordpress.com/2008/06/03/lingkungan-sosial-dan-budaya-pemasaran-global/
Komentar
Posting Komentar